//
you're reading...
komdat jarkom

OSI, TCP, dan UDP

Model referensi jaringan terbuka OSI adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI dibuat untuk mendefinisikan standar dalam menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.

Model OSI tersebut terbagi atas 7 layer, dan layer kedua juga memiliki sejumlah sub-layer (dibagi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)).

TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu computer ke computer lain di dalam jaringan internet. TCP/IP digunakan untuk
menghubungkan host di Internet, dibnagun ke dalam sistem operasi UNIX dan digunakan oleh internet, membuatnya menjadi standar de facto untuk transmisi data melalui jaringan. Bahhkan sistem operasi jaringan yang memiliki protocol sendiri, seperti Netware, juga dukungan TCP/IP.

UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

untuk penjelasan lebih lanjut bisa download di sini. OSI, TCP, dan UDP

 

 

About kusukaitu

nothing special..

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: