//
you're reading...
technopreneurship

Sejarah Perusahaan Corel

Corel Corporation

(diterjemahkan dari situs aslinya di http://www.fundinguniverse.com/company-histories/Corel-Corporation-Company-History.html)

Alamat:
1600 Carling Avenue
Ottawa, Ontario K1Z 8R7
Canada
Telepon: (613) 728-8200
Fax: (613) 761-9176
http://www.corel.com
Statistics:
Perusahaan Publik
Incorporated: 1985 sebagai Sistem Corel Corporation
Karyawan: 1.300
Penjualan: $243.05 million (1999)
Bursa Efek: NASDAQ Toronto
Ticker Symbol: CORL COR
NAIC: 51121 Software Publishers
Perspektif Perusahaan:
Sejak didirikan oleh Dr Michael Cowpland pada tahun 1985, Corel Corporation telah membangun reputasi sebagai inovator dan bisnis terdepan dengan perangkat lunak grafis. Produk Perusahaan ini, telah digunakan oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia, mereka diakui karenan keunggulan dan penilaian melalui ratusan penghargaan industri.  Corel didedikasikan untuk memberikan teknologi canggih dengan produk yang kompatibel dan user-friendly dengan harga yang kompetitif.  Pengembangan  CorelDRAW pada aplikasi grafis dan Corel WordPerfect untuk bisnis terus berkembang guna memenuhi tuntutan pasar korporasi, ritel dan akademis. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini telah mengembangkan keahlian grafis dengan menciptakan produk yang dirancang untung konsumen dengan segmen pasar rumahan dan kantor kecil.
Tanggal-tanggal penting:
1985: Dr Michael Cowpland mendirikan Corel sebagai perusahaan integrasi  sistem.
1989: CorelDraw diluncurkan setelah dua tahun pembangunan kode.
1991: CorelSCSI diluncurkan.
1992: Penampilan pertama CorelDraw 3, mewakili awal dari modern full-featured graphics suite.
1995: CorelDraw 6 diluncurkan bersamaan dengan Windows 95, menjadi aplikasi 32-bit pertama yang tersedia untuk sistem operasi baru.
1996: diperolehnya Novell Inc divisi WordPerfect.
1999: dirilisnya WordPerfect Office 2000, penjualan CorelDraw mencapai 10 juta kopi.
2000: Corel mengumumkan perjanjian merger definitif dengan Inprise / Borland Corporation.
Sejarah Perusahaan:
Corel Corporation adalah salah satu pengembang terbesar di dunia dengan produktivitas bisnis, grafis, dan solusi sistem operasi. Produk handal Corel adalah CorelDRAW, sebuah paket perangkat lunak grafis dengan penjualan yang mencapai sepuluh juta kopi pada tahun 1999. Selain dari perangkat lunak grafis, perusahaan ini juga mengembangkan dan memasarkan perangkat lunak WordPerfect untuk  produktifitas bisnis, setelah membeli divisi WordPerfect dari Novell Inc pada tahun 1996, serta aplikasi Internet untuk pelanggan rumah dan bisnis. Corel memasarkan produknya di lebih dari 15 bahasa yang berbeda di sekitar 70 negara. Perusahaan ini dipimpin oleh pendirinya, Dr Michael CJ Cowpland, dan tujuh persen dimiliki oleh Novell.
Origins
Corel Corporation adalah singkatan dari “Cowpland Research Laboratory”, merupakan perusahaan perangkat lunak komputer dengan spesialisasi di bidang graphics processing yang bermarkas di Ontario, Canada. Corel adalah keturunan dari Michael Cowpland, seorang pengusaha high-energy dan selebriti Otawa yang dikreditkan dua pengusaha high-technology paling sukses di Canada : Corel dan Mitel awal.
Cowpland dilahirkan di Sussex, Inggris pada tahun 19943 dan menerima gelar Bachelor of Engineering dari Universitas Imperial, London. Pada tahun 1964 ia bermigrasi ke Kanada. Di sana  ia meraih gelar master  dan Ph.D. Dari Universitas Carleton saat bekerja sebagai research and development engineer di Bell-Northern Research Ltd.
Cowpland bekerja di Bell-Northern dengan Terry Matthews, seorang teman yang juga bermigrasi dari Inggris. Pada tahun 1973 pasangan kiri Bell membentuk perusahaan baru yang dijuluki Mitel (singkatan untuk Mike dan Terry Elektronik). They launched the tiny company with the hope of creating a device that could translate the pulses generated by rotary dial telephones into the tones created by touch-tone phones. Mereka meluncurkan perusahaan kecil dengan harapan untuk menciptakan sebuah perangkat yang bisa menerjemahkan pulsa yang dihasilkan oleh nomor telepon  yang diputar ke nada yang diciptakan oleh nada telepon sentuh. LBekerja di garasi Cowpland di Ottawa, pasangan ini mencapai tujuan mereka dan pergi untuk membangun salah satu perusahaan produk telekomunikasi swasta  paling sukses di Kanada.
Cowpland dan Matthews menyadari keberhasilan yang menakjubkan dengan Mitel selama tahun 1970-an dan awal 1980-an, dua kali lipat penjualan peralatan switching telepon canggih setiap tahun selama sepuluh tahun. Menjadi kesayangan dari komunitas investasi Kanada, membuat Cowpland dan Matthews menjadi kaya. In the early 1980s they began to chase new markets by diversifying into various digital technologies, and the pair seemed to have the Midas touch when most of those projects took off. Pada awal 1980-an mereka mulai mengejar pasar baru melalui diversifikasinya berbagai teknologi digital, dan tampaknya mereka membutuhkan sentuhan Midas ketika sebagian besar proyek tersebut dilakukan.
Semua tampak berjalan lancar hingga pertengahan 1980-an. Mitel posted revenues of C $343 million in 1984, in fact, by which time the company was employing more than 5,000 workers in ten plants around the world. Mitel membukukan pendapatannya sebesar C$ 343.000.000 pada tahun 1984, pada kenyataannya, saat perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 5.000 pekerja di sepuluh perusahaan di seluruh dunia. Saat itu pada tahun 1984, meskipun, bahwa upaya diversifikasi Mitel tiba-tiba mulai terlihat seperti salah perhitungan. Significantly, Cowpland and Matthews fell behind schedule on the development of a state-of-the-art phone switch called the SX-2000. Secara signifikan, Cowpland dan Matthews jatuh di balik jadwal   pada pengembangan bagian dari seni perubahan telepon yang disebut SX-2000. Ketika raksasa komputer IBM lelah dengan penundaan dan berbelanja di tempat lain untuk teknologinya, Mitel dihadapkan dengan pabrok yang kelebihan kapasitas, anggaran yang melebihi waktu yang telah ditentukan, dan C $ 50.000.000 untuk sebuah penelitian dan pengembangan tab. Mitel mulai kehilangan uang dan Cowpland dan Matthews terpaksa menjual perusahaan ke British Telecom. Namun, kedua pendiri ini tetap berjalan pergi dengan uang jutaan tunai.
Tidak terpengaruh dengan hal tersebut, Cowpland melihat penjualan Mitel sebagai kesempatan untuk mengejar perkembangan teknologi yang lebih besar dan menarik untuk dia  pada waktu itu dan untuk menghindari pekerjaan yang telah menjadi beban administrasi. Pada tahun 1985 ia membuang C$7 juta uangnya ke dalam usaha baru, yang bernama Corel. Tujuan awalnya adalah untuk mengembangkan sebuah printer laser yang lebih baik yang dapat digunakan dengan komputer pribadi. Kemudian ia menemukan bahwa itu terlalu sulit untuk bersaing di pasar dengan harga murah produsen Asia , bagaimanapun, dan cepat ia mengalihkan mengalihkan strateginya.  Corel segera menjadi nilai tambah dari reseller komputer, menjual sistem lengkap yang diarahkan untuk tugas-tugas desktop publishing.
Cowpland terombang-ambing selama tahun-tahun pertamanya untuk menemukan peran Corel di pasar. Dia akhirnya menambahkan optical disk-drive ke lineup sistem desktop publishing-nya dan kemudian mulai pemasaran jaringan area lokal. Mengingat besar dan kuat investasi yang mulai hidup, penjualan tumbuh sekitar C $ 6.600.000 dalam kurun waktu 1988 – dan untuk beberapa tahun, Cowpland terlihat seperti bintang jatuh yang sempurna. “Rangkaian pertama tahun ini adalah yang paling menantang dimana kami berusaha untuk menemukan tempat yang tepat, tapi saya rasa itulah yang khas dari setiap perusahaan baru, ” kenang Cowpland pada Juni tahun 1992.” Ini hampir tidak mungkin untuk datang dengan konsep yang benar-benar keluar dari gerbang awal, “tambahnya.
Corel’s Graphic Software Debuts in 1989
Sementara ia mendorong nilai tambah hardwarenya, Cowpland bekerja di belakang layar pada apa yang menjadi penyerahan proyek: pembuatan perangkat lunak desain dengan menawarkan yang lebih baik dengan kemampuan tata letak daripada yang ditawarkan oleh aplikasi terkemuka sepanjang waktu. Untuk itu, ia menyewa sebuah tim pengembangan perangkat lunak yang ia memunginkan untuk bekerja mandiri secara relatif. Sebelum akhir dekade, tim telah mengembangkan sebuah paket perangkat lunak seni grafis yang akan menjadi standar untuk industri berbasis PC desktop publishing. Pada tahun 1989 Corel meluncurkan perangkat lunak CorelDraw. CorelDRAW, secara signifikan, adalah aplikasi grafis pertama yang dimasukkan ke dalam satu paket dimana semua fungsi grafis utama terdapat, seperti : ilustrasi, mencatat, mengedit, lukisan, dan presentasi.
CorelDRAW was an instant success, which was surprising given the fact that Corel had never mass-marketed anything, much less a software application. CorelDRAW adalah sebuah kesuksesan instan, yang telah mengejutkan mengingat fakta bahwa Corel tidak pernah dipasarkan secara massal, apalagi hanya sebuah aplikasi perangkat lunak. Strategi pemasaran Cowpland cerdas, bagaimanapun, akhirnya dia layak memperoleh banyak respect dalam komunitas perangkat lunak seperti halnya CorelDRAW. Cowpland dibajak jutaan dolar ke dalam kampanye penjualan yang agresif. Specifically, he bucked the industry norm by marketing CorelDRAW heavily in Europe and Japan. Secara khusus, ia  mendompak norma industri dengan pemasaran CorelDRAW di Eropa dan Jepang. Sebagian besar perusahaan perangkat lunak pada saat itu mulai keluar dengan fokus hampir hanya pada konsumen berbahasa Inggris. Selain itu, karena CorelDRAW telah menjadi lebih populer, Cowpland menolak untuk mematuhi konvensi penjualan versi yang berbeda dari satu program setelah yang lain. Instead, Corel developed and simultaneously sold multiple versions of CorelDRAW, each of which was tailored for a select market niche. Sebaliknya, Corel mengembangkan dan menjual secara bersamaan beberapa versi dari CorelDRAW, masing-masing yang disesuaikan untuk pasar yang dipilih.
Pengembangan produk Corel dan upaya pemasaran cepat meningkat. Memang, penjualan (sekitar 80 persen yang disebabkan CorelDRAW) naik ke C $ 36.000.000 pada tahun 1990 dan kemudian ke C$ 52.000.000 pada tahun 1991, sedangkan laba bersih meningkat menjadi C$ 7 juta. Memasuki tahun 1992, Corel telah mempekerjakan sekitar 250 pekerja dan telah mengirimkan hampir 300.000 paket CorelDRAW untuk lebih dari 40 negara.  CorelDRAW menjadi semakin populer dengan kelompok pelanggan seperti anak-anak, seniman, arsitek, dan pemilik bisnis, dan banyak lainnya. Singkatnya, CorelDRAW memungkinkan pengguna untuk menciptakan sesuatu mulai dari desain T-shirt hingga logo perusahaan dan gambar teknis.  Menggunakan pensil komputerisasi, atau menggambar dari 12.000 gambar diprogram, pengguna dapat membuat array yang tak ada habisnya untuk ilustrasi warna, desain, dan gambar.
Seperti Mitel , Corel mencerminkan kemudi tak terpuaskan dari pendirinya.   Cowpland telah menaikan namanya dalam kancah bisnis Kanada dengan Mitel, tapi sukses luar biasa dengan Corel kembali membuatnya tenar di kota asalnya, di mana ia menggantikan Pierre Trudeau sebagai yang paling banyak ditonton selebriti Ottawa, ‘menurut Kanada Business Magazine. Di Ottawa, pribadi Cowpland dikenal sebagai pengusaha sukses. Ia berlari di sekitar kota dalam mobil sport mencolok dan umumnya tidak membuat permintaan maaf atas kekayaannya. Dia dan istrinya membangun rumah baru  yang besar dan termasuk sepuluh mobil garasi bawah tanah dan dua lapangan squash dan dirancang untuk meniru tampilan markas Corel berwarna emas.
Cowpland’s no-holds-barred,  gaya bisnis tanpa emosi telah dicerminkan lebih jelas di lapangan tenis, di mana ia dikenal sebagai pesaing agresif yang didorong keinginan untuk menang dengan harga berapapun. Bukti itu adalah hubungan Cowpland dengan mitra lama tenisnya Ed Hladkowicz, tenis pro di sebuah klub yang  dibeli Cowpland selama hari-harinya di Mitel.  Cowpland menyewa Hladkowicz bekerja untuk Corel, dan Hladkowicz menjadi seorang manajer di divisi sistem perusahaan. Sementara itu, dua sahabat ini melanjutkan apa yang menjadi 20 tahun pertandingan tenis biasa.  Kemudian, suatu hari pada tahun 1992, Cowpland secara dingin dan tiba-tiba menghilangkan divisi sistem dan mengirim pengepakan Hladkowicz.  Seminggu kemudian dia menelepon Hladkowicz  untuk mengatur waktu untuk bermain tenis ( kedua akhirnya melakukan melanjutkan hubungan mereka).
Meskipun Cowpland dikritik atas perlakuan kasarnya terhadap karyawan, tidak banyak dapat membantah keberhasilan filsafatnya di arena bisnis. Cowpland membanggakan dirinya dalam membuat keputusan yang cepat dan bergerak cepat untuk memanfaatkan peluang baru. Pada awal 1990-an Corel memperkenalkan serangkaian program CorelDRAW ditujukan untuk pengguna entry-level, intermediate, dan advanced buyers. Mereka membantu mengenalkan Corel untuk meraih kekautan besar dengan pangsa 55 persen  dari pasar global untuk produk-produk perangkat lunak menggambar dan ilustrasi. Pendapatan yang dihasilkan naik menjadi C $ 90 juta pada tahun 1992, C $ 140 juta pada tahun 1993, dan kemudian ke C $ 226 juta pada tahun 1994, sedangkan laba bersih meningkat menjadi hampir C $ 45 juta.
Keberhasilan Corel pada tahun 1993 dan 1994 mengecam kritik, yang menyatakan bahwa kejatuhan Cowpland segera terjadi. Berdasarkan apa yang mereka yakini pasar jenuh serta sejarah Cowpland di Mitel, sejumlah investor mulai shortselling (taruhan terhadap) saham Corel pada tahun 1992 dalam mengantisipasi meluncurnya laba. Sebaliknya, pendapatan perusahaan naik cepat setelah perkenalan produk baru dan neraca diperbaiki. Mengesankan, Cowpland berhasil mengatur pertumbuhan Corel tanpa membuat utang apapun. Pada tahun 1994, pada kenyataannya, Corel  hampir tidak ada hutang jangka panjang. Selanjutnya, Cowpland masih memiliki kepemilikan saham di perusahaan sekitar 20 persen pada 1995, memberinya kekayaan bersih diperkirakan sebesar $ 200 juta.
Pada tahun 1994, walaupun, dapat dikatakan bahwa Corel terlalu banyak mengandalkan pada lini produk tunggalnya  yang menyebabkan  pasar menjadi jenuh. Jadi, setelah pengiriman hampir satu juta program CorelDRAW dalam 15 bahasa yang berbeda, Cowpland mulai mencari jalan baru untuk pertumbuhan. Pada tahun 1994 perusahaan meluncurkan sebuah prakarsa ambisius untuk melebarkan sayap ke empat pasar baru: konsumen CD-ROM, office suite (atau ‘bundel’ dari perangkat lunak produktivitas), video conferencing, dan computer-aided design  (CAD). Produksi game CD-ROM dan produk pendidikan adalah prioritas utama – Corel berencana untuk meluncurkan 30 judul pada tahun 1995 dan 50 tambahan setiap tahun berikutnya. Corel planned to tap its established network of distributors in 60 countries to vie with venerable Microsoft in the $1 billion CD-ROM consumer market. Corel berencana untuk memanfaatkan jaringan mapan distributor di 60 negara untuk bersaing dengan Microsoft di $1.000.000.000 pasar konsumen  CD-ROM.
Membuat produk CD-ROM bekerjasama dengan ARTECH Digital Entertainments, Inc, Corel meluncurkan beberapa produk CD-ROM pada tahun 1995, termasuk buku mewarnai elektronik yang disebut ‘Blue Turtoise,’ a Marilyn Monroe photo compilation, database film, dan koleksi kartu dan board games. Pada saat yang sama, itu terus meningkatkan CorelDRAW dan untuk mengejar kategori pasar lain telah ditargetkan pada tahun 1994. Misalnya, mengumumkan rencana untuk memulai pengiriman aplikasi CAD software yang disebut CorelCAD, yang dirancang untuk membantu homebuilders dan orang yang melakukan renovasi rumah.  Cowpland berharap upayanya untuk menghasilkan penjualan sebesar $ 50 juta per tahun pada 1998. Demikian juga, Corel memperkenalkan sistem video-konferensi awal tahun 1996 disebut dengan nama CorelVideo yang dirancang untuk beroperasi secara efisien pada sistem jaringan area lokal.
Akuisisi WordPerfect tahun 1996
Kritikan bertanya-tanya mengapa Cowpland akan mengambil risiko begitu banyak dengan sekaligus melompat ke industri di mana dia tidak banyak memiliki pengalaman sebelumnya. Kekhawatiran mereka tidak meragukan lagi  awal tahun 1996, ketika Corel mengejutkan komunitas perangkat lunak dengan menyetujui untuk membeli Novell Inc divisi WordPerfect dalam sebuah transaksi senilai $ 124 juta. WordPerfect adalah perangkat lunak pengolah kata yang merupakan pemimpin di pasar besar pengolah kata . Kesepakatan itu juga termasuk Quattro Pro, sebuah perangkat lunak spreadsheet terkemuka, dan aplikasi suite PerfectOffice perangkat lunak produktivitas. The surprising purchase was expected to more than triple Corel’s annual revenue base. Pembelian yang mengejutkan diperkirakan lebih dari tiga kali dasar pendapatan tahunan Corel.
Pembelian Corel WordPerfect berkubah dari pemain utama pesaing industri dalam bisnis perangkat lunak yang didominasi oleh sistem operasi Microsoft: ‘Corel Merasa Berani dengan WordPerfect Deal; CEO Has Glass House, But He Throws the First Stone at Microsoft,’ read the headline in the February 11, 1996 Wall Street Journal. Dengan membeli WordPerfect Cowpland melemparkan tantangan pepatah, memposisikan perusahaannya untuk pergi toe-to-toe dengan Bill Gates raksasa  Microsoft. Akuisisi ini menandai awal dari era baru untuk Corel. Dari tahun 1996 dan seterusnya, keberhasilan Cowpland dengan Corel akan diukur oleh kemampuannya untuk mengalahkan Bill Gates di permainannya sendiri.
Sebagai akibat dari akuisisi sinyal WordPerfect, Corel bersiap diri untuk pengawasan intens dari media didorong oleh tawaran Cowpland untuk memecahkan hegemoni Microsoft. Perusahaan ini melanjutkan prakteknya dengan peluncuran ulang CorelDRAW kira-kira setiap 13 bulan, ternyata sukses ketika dicoba di pasaran dan sesuia sebagai produk grafis. Pada tahun 1999, ketika CorelDRAW 9 dirilis, penjualan produk lini andalan Corel ini mencapai sepuluh juta kopi, sebuah tonggak telah dicapai selama sepuluh tahun produk ini dirilis yang menunjukan suatu kekuatan yang mendukung Corel. Keberhasilan perusahaan dalam berpose sebagai ancaman untuk posisi tangguh Microsoft pada bisnis  perangkat lunak produktivitas.
Corel versi Java yang kompatibel dengan WordPerfect ini dirancang untuk kompatibilitas dengan berbagai platform, termasuk Windows 95, dan 98 Windows NT, Windows 3.1x, Macintosh, Unix, dan Linux. Pada tahun 1998 perusahaan ini merilis WordPerfect Suite 8 dengan Dragon NaturallySpeaking, sehingga memberikan pengolah kata speech-enabled.  Setahun kemudian, Corel merilis WordPerfect Office 2000, namun sejak dilemparkan tidak satupun versi yang menaikkan pamor perusahaan. Corel kehilangan $30 juta pada1998 dengan  pendapatan $246.000.000  dan mencatat laba $16.000.000 pada penurunan pendapatan $243.000.000 pada tahun 1999. Menjadi adil, perusahaan ini mengejar tujuan ambisius, salah satu yang tidak bisa realistis dicapai pada akhir dekade.
Ukuran sebenarnya dari kesuksesan Cowpland’s tetap yang akan ditentukan pada dekade perdana abad ke-21. Corel membuat awal yang positif untuk dekade yang menentukan dengan menyelesaikan merger penting. Pada bulan Februari 2000, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian penggabungan usaha definitif dengan Inprise / Borland Corporation, transaksi senilai $ 2.440.000.000. Persatuan Inprise / Borland, penyedia infrastruktur akses Internet terkemuka dan alat-alat pengembangan aplikasi dan jasa, dan Corel mewakili sebuah langkah penting ke arah mencapai tujuan Cowpland’s.Dalam siaran pers Corel pada 7 Februari 2000, Cowpland menekankan pentingnya efek merger terhadap kemajuan Corel dengan sistem operasi Linux, yang mampu berjalan pada berbagai hardware. ‘Dengan Inprise / Borland’ kepemimpinan dalam komunitas pengembangan perangkat lunak dan sistem operasi Corel Linux desktop  dan aplikasi produktivitas, ‘Cowpland berkata,’ kami memiliki kesempatan yang luar biasa untuk mencapai semua aspek dari meledaknya pasar Linux. “
Setelah menyelesaikan merger, Inprise / Borland disusun sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Corel. Berdasarkan angka pada tahun 1999, kedua perusahaan akan menghasilkan lebih dari $ 400 juta pendapatan. Meskipun  perusahaan grafis dan software produktivitas bisnis dikembangkan untuk berbagai platform, banyak keberhasilan di masa depan – terutama keberhasilan dalam merebut pangsa pasar dari Microsoft – bergantung pada popularitas dari sistem operasi Linux. Untuk itu, harapan Cowpland’s yang didukung oleh pengumuman bahwa lingkungan operasi Linux diperkirakan akan tumbuh  lebih dari 25 persen hingga 2003, menurut International Data Corporation, sebuah organisasi penelitian industri. Whether or not such growth could inject Corel with muscle it needed to combat Microsoft remained to be determined in the years ahead. Percaya atau tidak pertumbuhan tersebut dapat memberikan suntikan untuk Corel agar dapat memerangi Microsoft, namun masih harus ditentukan dalam tahun-tahun mendatang.
Principal Subsidiaries: Corel Corporate Limited (Ireland); Corel, Inc.; Corel International Corporation (Barbados).
Principal Competitors: Microsoft Corporation; Adobe Systems Incorporated; Quark, Inc.
Bacaan Lebih Lanjut :
Aragon, Lawrence, ‘Caution: Stories Graphic in Nature: CEO Mike Cowpland’s Plan to Diversify into Publishing and Video-Conferencing Could Lead His Corel to the Heart of Palookaville,’ PC Week, September 4, 1995, p. A10.
Bagnall, James, ‘Corel Good Example of New Wave of Business,’ Ottawa Citizen, January 10, 1994, p. A9.
——, ‘Corel Marketing Machine Goes Formal; Software Star Offers Big Reward for Top Artist,’ Ottawa Citizen, August 10, 1995, p. C6.
‘Corel Corporation Integrates Jabber Instant Messaging into CorelCity.com Application Platform,’ PR Newswire, December 16, 1999.
Hatter, David, ‘The Fastest Finalists: Drawing on Innovation,’ Profit, June 1992, p. 32.
Hladkowicz, John, ‘Corel Establishes International Headquarters in Dublin,’ PR Newswire, June 11, 1993.
Kainz, Alana, ‘Corel Decides To Spread Its Software Bets Around; Company Moves Aggressively into New Markets,’ Ottawa Citizen, October 8, 1994, p. E1.
——, ‘Corel’s No. 2 Executive Abruptly Quits on High Note,’ Ottawa Citizen, December 21, 1993, p. C8.
——, ‘Corel Up, Up and Away; Firm To Unseat Cognos as No. 1 in Software,’ Ottawa Citizen, December 24, 1994, p. H12.
Oberbeck, Steven, ‘Novell Finally Gets Monkey Off Back,’ Knight-Ridder/Tribune Business News, February 1, 1996.
Scott, Cindy, ‘Corel Ships Wild Board Games,’ PR Newswire, August 31, 1995.
‘Stitch in Time,’ PC Week, September 11, 1995, p. A5.
Sutcliffe, Mark, ‘Racquet Scientist,’ Canadian Business, June 1995, p. 62(5).
Tamburri, Rosanna, ‘Corel Feels Bold with WordPerfect Deal; CEO Has Glass House, But He Throws the First Stone at Microsoft,’ Wall Street Journal, February 11, 1996, Sec. 2, p. 2.
Tillson, Tamsen, ‘Corel Inside Out,’ Canadian Business, Spring 1997, p. 58.
Urlocker, Michael, ‘Corel Has Last Laugh,’ Financial Post, July 11, 1992, p. 10.Source: International Directory of Company Histories, Vol. 33. St. James Press, 2000.

 

 

About kusukaitu

nothing special..

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: