//
you're reading...
technopreneurship, tugas individu

Catatan dari Film Pirates of Silicon Valley

Film ini menceritakan kisah perjalanan karir Bill Gates dan Steve Jobs. Pada bagian awal diceritakan bagaimana Gates dan Steve memulai segalanya dari bawah. Kejeniusan dan semangat mereka yang tinggi dapat membangkitkan semangat & inspirasi bagi yang menonton. Pada 1975, Gates dan rekannya Paul Allen mendirikan Microsoft. Dan pada 1976, Jobs dan rekannya Steve Wozniac mendirikan Apple Inc  di garasi yang pada saat itu mampu memproduksi komputer Apple I yang awalnya dibungkus kayu & menggunakan layar TV bekas.

Kemudian kita melihat  2 kubu tersebut memajukan perusahaan mereka dengan hasil karya orang lain. Di kubu Jobs, kejayaan Apple dimulai ketika mereka berhasil menciptakan komputer yg memiliki GUI yang menarik, dengan  digunakannya mouse. Ide penggunaan mouse dan grafik tersebut mereka curi dari Xerox. Pihak Xerox mengijinkan Jobs dkk melihat hasil karyanya karena tidak  menyadari dahsyatnya pemanfaatannya.

Pada saat Apple sudah besar, Microsoft masih merupakan perusahaan kecil. Namun produk BASIC mereka cukup menarik bagi IBM. Dan suatu saat bertemulah kubu Gates dengan petinggi IBM. Pada pertemuan tersebut, Bill Gates berhasil meyakinkan IBM bahwa mereka memiliki produk yg dibutuhkan IBM. Padahal Gates dkk. tdk mempersiapkan apapun ketika berangkat ke pertemuan. Terang saja Bill Gates dkk. kebingungan untuk memenuhi janji mereka ini. Dan di tengah-tengah kebingungan tersebut, Allen mengunjungi sebuah software house kecil. Di sana dia melihat program XDOS, dan memutuskan untuk membeli beserta lisensinya. Program tersebutlah yang akhirnya dijual kembali oleh kubu Bill Gates kepada IBM. Dan itu pun dengan lisensi yang masih dipegang Microsoft. Program itu kemudian menjadi MS DOS.

Awalnya mereka hanya memiliki ide. Kemudian mencari cara untuk mewujudkan ide tersebut. Bagi orang lain yang tidak memiliki ide, sesuatu tersebut menjadi tidak begitu berharga. Namun bagi mereka yang memiliki ide, menjadikannya begitu berharga dan bernilai. Itu dibuktikan dengan cerita pencurian ide yang terjadi di dalam film ini.

Dialam film ini dibuktikan  bahwa betapa berharganya sebuah ide. Meskipun awalnya mereka tidak memiliki apa yang menjadi pemenuhan ide tersebut, namun mereka dapat mewujudkannya melalui pencurian ide orang lain. Dalam perjalanannya, bahwa tidaklah mudah untuk mewujudkan sebuah ide, dibutuhkan usaha dan kerja keras. Selain itu kita harus bisa melindungi ide yang kita miliki, jangan sampai dicuri dan didahului oleh orang lain karena dapat menyebabkan ide itu menjadi tidak berarti lagi.

About kusukaitu

nothing special..

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: